Konflik Palestina dan Israel: Apa Dampak Buruk Bagi Amerika Jika Memutus Hubungan dengan Sekutu Setianya Ini?

- 16 November 2023, 15:57 WIB
Ilustrasi - Konflik Palestina dan Israel: Apa Dampak Buruk Bagi Amerika Jika Memutus Hubungan dengan Sekutu Setianya Ini?
Ilustrasi - Konflik Palestina dan Israel: Apa Dampak Buruk Bagi Amerika Jika Memutus Hubungan dengan Sekutu Setianya Ini? /Foto: Pexels/Mohammed Abubakr/

INFOSEMARANGRAYA.COM - Dimana ada kabar konflik Palestina dan Israel, disitu ada reaksi Amerika yang sedang mendukung sekutunya.

Negara dengan julukan Paman Sam ini adalah negara yang berkontribusi terhadapa pendirian PBB, organisasi yang menjaga keamanan dunia, namun, sampai saat ini belum ada aksi nyata untuk meredakan konflik Palestina dan Israel yang sudah terjadi sejak 1948.

Meskipun warga Amerika sudah melakukan demonstrasi agar ada gencatan senjata pada konflik Palestina dan Israel, namun negara Adidaya ini masih setia untuk mendukung sekutunya.

Baca Juga: PBNU Serukan Masyarakat untuk Dukung Penyelesaian Konflik Israel dan Palestina, Berikut Pernyataannya!

Seandainya Amerika memutus hubungan dengan Israel agar terlihat netral, apa dampak buruknya bagi negara serikat ini? Yuk simak artikel berikut

1. Kehilangan Sekutu Strategis di Timur Tengah

Israel bukan hanya sekutu strategis di Timur Tengah, tetapi juga mitra yang signifikan dalam pengembangan teknologi militer dan keamanan.

Memutus dukungan kepada Israel dapat merugikan kepentingan strategis dan militer Amerika Serikat di kawasan tersebut.

2. Ketidak Pastian Politik dalam Negri

Diaspora Yahudi di Amerika turut membawa negara ini menjadi negara Adidaya.
Bahkan diaspora Yahudi ini berhasil membentuk jaringan antar sesama Yahudi dibidang politik, yang disebut dengan Lobi Yahudi. Lalu mereka membentuk Organisasi AIPAC (American Israel Public Affairs Committe).

Dimana organisasi tersebut dapat mempengaruhi anggota kongres dan para senator agar kebijakan yang dibuat tidak bertentangan dengan kepentingan Israel.

Halaman:

Editor: Muhammad Abdul Rosid


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah