6 Tips Membeli Koin Kripto Untuk Pemula, Kaum Milenial Wajib Catat Nih!

- 15 Desember 2021, 07:36 WIB
Ilustrasi kripto.
Ilustrasi kripto. /PEXELS/



INFOSEMARANGRAYA.COM – Cryptocurrency atau mata uang kripto belakangan ini mulai menjadi alat untuk berinvestasi, khususnya bagi para kaum milenial saat ini.

Terdapat banyak sekali jenis koin kripto yang ada di seluruh dunia hingga sekarang. Tercatat hingga bulan November 2021, sudah ada lebih dari 10 ribu koin kripto yang beredar. Diantara yang paling populer yakni Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), dan Koin Binance (BNB).

Nah, karena sekarang sudah banyak orang yang mencoba untuk berinvestasi di dunia kripto, Info Semarang Raya akan memberikan beberapa tips dalam membeli koin kripto, terutama bagi para pemula.

Baca Juga: 4 Alasan Wajib Berinvestasi Kripto dari Sekarang

Dilansir dari salah satu unggahan akun Instagram @crypto_us, berikut ini adalah 6 tips dalam membeli koin kripto:

1. Memiliki strategi

Tidak mudah untuk menentukan apakah koin kripto yang ingin kita beli merupakan koin yang akan menguntungkan atau justru malah menjadi ancaman untuk pembelinya.

Jadi, cari tahu terlebih dahulu seluk-beluk dari koin yang ingin kamu beli, seperti sejarah, tujuan, peluang, dan banyaknya orang yang membeli koin tersebut.

Baca Juga: Mata Uang Kripto Diharamkan MUI? Ini Penjelasan Beberapa Ulama

2. Mengatur resiko

Buatlah acuan atau batasan berapa banyak kamu akan berinvestasi di koin kripto, jangan sampai kamu malah membeli koin tersebut dengan semua uang yang kamu miliki. Selalu gunakan “uang dingin” atau dana yang tidak diperuntukkan untuk kebutuhan apapun.
3. Membagi-bagi portofolio

Dalam berinvestasi, khususnya di dunia kripto, hindari membeli terlalu banyak koin di satu tempat. Bagilah uang kamu di tempat yang berbeda-beda. Hal ini akan menghindari terjadinya kerugian jika koin yang kamu beli mengalami loss.

Baca Juga: Buff Doge Berevolusi, Bukan Lagi Sekadar Koin Meme

4. Lakukan investasi jangka panjang

Harga pasar akan naik dan turun secara fluktuatif setiap harinya. Hindari melakukan panic selling ketika harga koin yang kamu beli mengalami penurunan. Bisa jadi koin tersebut akan naik secara drastis di hari-hari berikutnya.

5. Menggunakan transaksi otomatis

Gunakanlah transaksi otomatis ketika kamu ingin membeli sebuah koin kripto. Hal tersebut akan menambah peluang kamu untuk beruntung. Kebalikan dari poin ke 4 tadi, jangan juga melakukan panic buying, karena bisa jadi koin yang ingin kamu beli nantinya akan turun harganya.

Baca Juga: Ratusan Korban Penipuan Investasi Kripto EDC Cash Lapor ke Polri, Bos EDC Untung Hingga Puluhan Miliar?

6. Menggunakan Bot Trading

Saat ini muncul beberapa bot trading, yaitu trading yang otomatis dijalankan oleh sebuah bot. Namun hal ini tidak direkomendasikan untuk para pemula, karena terdapat juga bot yang berujung pada scam atau penipuan. Jadi, telusuri informasi lebih dalam mengenai bot yang ingin kamu pakai.

Sekian beberapa tips dari Info Semarang Raya tentang 6 tips dalam membeli koin kripto. Jangan lupa dicatat ya! Salam cuan!***

Editor: Alfiansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah