Istri Yang Bekerja Lebih Rentan Stres Daripada Suami, Kok Bisa? Inilah Penjelasan Selengkapnya

- 8 Oktober 2023, 18:00 WIB
Ilustrasi - Istri Yang Bekerja Lebih Rentan Stres Daripada Suami, Kok Bisa? Inilah Penjelasan Selengkapnya
Ilustrasi - Istri Yang Bekerja Lebih Rentan Stres Daripada Suami, Kok Bisa? Inilah Penjelasan Selengkapnya /Can Stock Photo

INFOSEMARANGRAYA.COM - Sebagian besar masyarakat Indonesia masih menganggap pekerjaan merawat rumah adalah tanggung jawab istri sepenuhnya. Mulai dari mencuci, memasak, menyapu, hingga mengurus anak.

Adanya anggapan itu dibuktikan oleh survei yang dilakukan International Labour Organization (ILO), di mana perempuan melakukan tugas perawatan rumah tanpa dibayar (unpaid care work) 3-4 kali lebih banyak dibandingkan laki-laki.

Para istri masih dibebankan pekerjaan rumah, meskipun mereka juga mengemban peran sebagai pencari nafkah. Tak heran survei Cigna Corporation pada 2019 menemukan bahwa perempuan yang telah menikah dan bekerja merasa lebih stres dibandingkan laki-laki.

Baca Juga: Sering Disepelekan Seorang Wanita! Tak Hanya Mendapat Dosa, Ghibah Bisa Berdampak Buruk

Hal itu terjadi bukan karena perempuan tidak mampu menjalani pekerjaannya dengan baik, melainkan banyaknya ekspektasi yang dibebankan kepada mereka. Mengapa demikian?

Sedikit waktu luang untuk me time.

Ungkapan “Menjadi seorang ibu adalah pekerjaan penuh waktu” mungkin ada benarnya. Apalagi, ditambah kesibukan bekerja, para istri jadi tak memiliki banyak waktu untuk me time. Tak heran jika perempuan rentan jenuh dan stres.

Baca Juga: Ramalan Bintang Capricorn untuk Jumat, 1 Oktober 2023. Fokus pada Sukses Masa Depan!

Tidak ada dukungan dari orang sekitar.

Di tengah tingginya tuntutan pekerjaan kantor dan rumah tangga, tak jarang para istri tidak mendapatkan dukungan dari orang di sekitarnya, termasuk suami.
Misalnya, jika terjadi masalah pada anak atau rumah, masalah itu seolah-olah menjadi tanggung jawab istri sepenuhnya. Di sisi lain, para istri dituntut untuk harus selalu kuat menghadapi apa pun yang terjadi. Akhirnya, para istri merasa sendirian karena tak ada yang mendukungnya

Untuk perempuan, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengajak suami berperan MerawatBersama rumah tangga

Halaman:

Editor: Muhammad Abdul Rosid

Sumber: Beberapa Sumber Vi Azhar Ihsan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x