Program Insentif PPnBM Berlangsung, Sri Mulyani: Kalo Mau Beli Mobil Sekarang Sampai Mei 2021

- 3 Maret 2021, 15:35 WIB
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyarankan masyarakat untuk beli mobil segera karena ada diskon PPnBM DTP pada Senin 1 Maret 2021
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyarankan masyarakat untuk beli mobil segera karena ada diskon PPnBM DTP pada Senin 1 Maret 2021 /kemenkeu.go.id

INFOSEMARANGRAYA.COM,- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyarankan agar masyarakat yang memiliki rencana untuk membeli mobil dan segera merealisasikanya dalam waktu dekat. Hal ini dikarenakan per 1 Maret 2021 ini, pemerintah memberikan keringanan berupa Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP)

Kebijakan PPnBM ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 20 Tahun 2021. Dimana diskon PPnBM DTB yang diberikan pemerintah memiliki batas waktu dan besarannya akan turun setiap tiga bulan. 

Mengutip Pasal 5, PPnBM ditanggung oleh pemerintah atas penyerahan kendaraan bermotor sebesar 100% berlaku sejak Maret hingga Mei. Oleh karena itu,  Sri Mulyani menyarankan untuk membeli mobil sekarang.

Baca Juga: Jokowi Cabut Perpres Terkait Investasi Industri Usaha Miras di RI

Baca Juga: Pantau Vaksinasi Covid-19 di 2 Rumah Sakit Ini, Ganjar: Prioritaskan Lansia Dulu

Baca Juga: 2 TKW Karawang Terpapar Covid-19 Varian Baru Asal Inggris, Warga Diminta Jangan Resah

"100% PPnBM-nya tidak perlu dibayar. Itu berlaku sampai Mei. Jadi kalau mau beli mobil ya sebaiknya sekarang sampai Mei karena PPnBM-nya ditanggung pemerintah," tuturnya saat konferensi pers virtual pada Senin 1 Maret 2021.

Meski begitu insentif ini berlaku hingga akhir tahun ini, hanya saja besaran diskon PPnBM-nya berbeda. Dalam periode Juni hingga Agustus 2021 PPnBM yang ditanggung pemerintah hanya 50%, lalu pada periode September hingga Desember 2021 diskonnya hanya 25%.

Sri Mulyani pun menjelaskan, kebijakan insentif tersebut didesain sedemikian rupa untuk memacu kepercayaan masyarakat agar melakukan konsumsi. Dengan demikian, harapannya pemulihan ekonomi bisa segera terpacu.

Halaman:

Editor: Eko Nugroho

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x