Cara Mengolah Daging Qurban Agar Tidak Amis dan Empuk Saat Diolah, Dijamin Ampuh!

- 20 Juli 2021, 13:42 WIB
Ilustrasi daging kurban Idul Adha
Ilustrasi daging kurban Idul Adha /PIXABAY/Free-Photos

INFOSEMARANGRAYA.COM,- Kalian pasti sudah menanti daging qurban bukan? Ya, Idul Adha 1442 H / 2021 telah tiba. Hari raya Idul Adha ini pasti identik dengan menyembelih hewan qurban seperti sapi, kambing, maupun unta.

Nah, saat mendapat daging qurban kebanyakan daging pasti baunya amis dan seringkali alot ketika dimasak bukan?

Saat diolah menjadi berbagai sajian masakan seperti opor, rendang, gulai dll pun membuat kita kurang berselera memakannya.

Untuk kali ini, Infosemarangraya.com akan membagikan tips cara mengolah daging agar tidak amis dan empuk ketika dimasak seperti dilansir dari berbagai sumber.

  1. Bersihkan Daging dengan Benar

Tips mengolah daging agar tidak alot dan bau yang pertama adalah dengan mencuci atau membersihkannya dengan bersih dan benar. Hal ini dilakukan agar daging aman untuk dikonsumsi. Namun, yang paling penting dan perlu diperhatikan dalam membersihkan daging merah seperti sapi dan kambing adalah jangan mencucinya dengan air.

Baca Juga: Resep Gulai Daging Kambing Santan, Cocok Dinikmati Bersama Sate

Baca Juga: Resep Sate Kambing Empuk Lengkap dengan Bumbu, Wajib Coba!

Daging merah seperti daging sapi dan kambing, apabila terlalu banyak terkena air malah akan mengakibatkan kemunculan aroma amis yang semakin kuat. Oleh karenanya disarankan bagi Anda untuk membersihkan daging-daging merah tersebut dengan cara mengelapnya menggunakan tisu atau lap bersih.

Setelah dilap, lumurkan air perasan jeruk nipis pada daging lalu rebus dengan air mendidih sebentar. Merebus air dengan air mendidih berfungsi untuk membersihkan kotoran, bakteri, dan sisa darah yang tersisa pada daging. Disarankan untuk merebus daging sebanyak dua hingga tiga kali untuk hasil daging yang lebih empuk dan bersih.

Halaman:

Editor: Asri Aulia Rachmawati


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X