Inilah Cara Inovatif untuk Mengembangkan Bisnis Lokal, Ayo Sumbangkan Skill Kepada Semua Orang

- 19 Februari 2024, 13:05 WIB
Ilustrasi - Inilah Cara Inovatif untuk Mengembangkan Bisnis Lokal, Ayo Sumbangkan Skill Kepada Semua Orang
Ilustrasi - Inilah Cara Inovatif untuk Mengembangkan Bisnis Lokal, Ayo Sumbangkan Skill Kepada Semua Orang /freepik/pressfoto

INFO SEMARANG RAYA - Globalisasi memberikan dampak yang cukup signifikan kepada dunia bisnis. Kita bisa melihat banyak brand luar negeri sudah lama masuk ke Indonesia untuk memperluas pangsa pasar mereka.

Tapi, kita tidak boleh terlalu terpikat dengan keindahan, kenikmatan, dan kualitas brand luar negeri. Jangan sampai kita melupakan brand lokal sendiri.

Indonesia masih banyak memliki para pengusaha muda yang inovatif dan kreatif. Mereka juga tidak kalah cerdas seperti pengusaha dari negeri.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Modal 20 Juta Rupiah: Peluang Usaha Menguntungkan yang Patut Dicoba!

Mungkin ada beberapa pengusaha lokal di Indonesia yang dulunya pernah menempuh pendidikan atau bahkan pernah berbisnis di luar negeri, mereka mau kembali ke Indonesia untuk menciptakan brand lokal untuk menunjukkan bisnis lokal berkualitas di mata global.

Oleh karena itu, kita perlu mendukung tekad bisnis mereka untuk memiliki daya saing yang kompetitif dengan bisnis dari luar negeri.

Membeli produk dari bisnis lokal

Cara yang paling mudah untuk dilakukan untuk mendukung bisnis lokal adalah dengan cukup menjadi konsumen yang menikmati produk mereka.

Baca Juga: 6 Tips Memulai Bisnis Dari Awal

Pemiliknya pasti akan merasa senang ketika produk karya mereka yang dari hasil kerja keras dalam berwirausaha dibeli. Itu juga akan dianggap sebagai bentuk apresiasi atas inovasi yang telah mereka kembangkan.

Halaman:

Editor: Muhammad Abdul Rosid


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x