6 Tips Memulai Bisnis Dari Awal

- 14 Juni 2023, 10:13 WIB
Ilustrasi tips bisnis.
Ilustrasi tips bisnis. /Pixabay.com/Michal Jarmoluk

INFOSEMARANGRAYA.COM — Memulai suatu bisnis memang membutuhkan upaya dan komitmen yang besar. Banyak orang yang sudah pesismis dahulu sebelum memulai bisnisnya. Entah itu kendala modal yang besar, perjuangan yang tidak mudah, hasil yang tidak menentu dan lain sebagainya yang menjadi alasan belum mulai usahanya.

Bagi Anda yang ingin memulai suatu bisnis, jangan merasa takut terlebih dahulu. Anda bisa mencoba membaca tips di bawah ini agar membantu meyakinkan langkah awal bisnis Anda.

Baca Juga: Fakta Kericuhan Kelompok PSHT di Jogja, Konflik dengan Warga Sipil hingga Siap Perang?

1. Tentukan Produk

Sebelum memulai usaha, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan produk atau jasa yang akan dijual kepada konsumen. Lakukan riset terlebih dahulu untuk memahami kebutuhan pasar. Agar dapat menonjol dan berbeda dari merek lain, Anda dapat memilih untuk menjual barang yang bermanfaat atau memiliki keunikan tersendiri.

Selain itu, memilih untuk menjual sesuatu yang Anda sukai atau memiliki passion di dalamnya juga penting. Ini akan memberikan motivasi yang lebih besar untuk menghadapi rintangan dan membantu mencapai kesuksesan lebih cepat. Dengan melakukan riset, menonjolkan keunikan, dan memilih produk atau jasa yang sesuai minat, Anda akan memiliki langkah awal yang kuat dalam memulai usaha.

 Baca Juga: Lulusan D3 Merapat! INFO LOKER BUMN Terbaru di 2 Posisi dari PT Angkasa Pura Solusi dengan Ketentuan Lengkap

2. Buat Rencana

Dilansir dari Fortune Indonesia: Berita bisnis, Ekonomi & Saham hari ini, Setelah menentukan produk, sangat penting untuk menyusun rencana yang matang serta memiliki visi dan misi yang jelas. Hal ini merupakan kunci keberhasilan suatu usaha.

Halaman:

Editor: Alfiansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x