Cara Lengkap Hobi Ternak Ayam Pedaging dan Petelur untuk Pemula di Rumah

- 17 September 2023, 09:40 WIB
Cara Lengkap Hobi Ternak Ayam Pedaging dan Petelur untuk Pemula di Rumah
Cara Lengkap Hobi Ternak Ayam Pedaging dan Petelur untuk Pemula di Rumah /Pexels.com/Engin Akyurt/

INFOSEMARANGRAYA.COM - Cara ternak ayam pedaging dan petelur sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan oleh pemula. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai ternak ayam

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan adalah lokasi kandang, di mana hal ini berperan penting untuk kehidupan mereka.

Cara Ternak Ayam Pedaging dan Petelur

Baca Juga: Penjelasan Soal Sumur Resapan yang Tergenang Air, Sekaligus Menjawab Cuitan Yusuf Dum Dum: Dibikin Ternak Lele

Bagi pemula yang ingin mencoba ternak ayam pedaging dan ternak ayam petelur dengan bertahap, berikut ini proses lengkapnya:

1. Menentukan Lokasi Kandang

Langkah pertama dalam ternak ayam adalah menentukan lokasi kandang. Umumnya, lokasi yang bagus adalah jauh dari pemukiman penduduk agar masyarakat tidak terganggu dengan bau kotoran dari kandang ayam.

2. Memilih Bibit Ayam

Selanjutnya, pemula perlu memilih bibit ayam ras atau broiler yang berkualitas. Ciri bibit ayam pedaging yang berkualitas sendiri bertubuh gemuk dan berisi, memiliki mata tajam, hidung bersih, serta aktif bergerak.

Sedangkan, ciri bibit ayam petelur yang berkualitas adalah tidak cacat, tidak ada cacar, berat badan normal, dan memiliki bulu sehat yang menutupi seluruh tubuh.

3. Pakan

Ayam pedaging dan petelur membutuhkan nutrisi serta gizi yang cukup. Untuk itu, perhatikan pemberian pakan berkualitas. Umumnya, pakan yang bagus adalah dedak, jagung giling, pelet, crumbles, dan biji-bijian.

4. Pemeliharaan

Agar kesehatan ayam tetap terjaga, perhatikan proses pemeliharaan dengan baik. Umumnya, ayam pedaging dipelihara selama 5 minggu.

Halaman:

Editor: Muhammad Abdul Rosid

Sumber: Alvi Nurullita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x