Mungkinkah Kita Raih Kemerdekaan Finansial? Lakukan Perencanaan Keuangan Sejak Anda masih Pekerja Pemula

- 17 Agustus 2023, 08:16 WIB
Mungkinkah Kita Raih Kemerdekaan Finansial? Lakukan Perencanaan Keuangan Sejak Anda masih Pekerja Pemula
Mungkinkah Kita Raih Kemerdekaan Finansial? Lakukan Perencanaan Keuangan Sejak Anda masih Pekerja Pemula / Ineke Novianty Sinaga/

INFOSEMARANGRAYA.COM - Pengalaman pertama mendapat gaji bagi pekerja pemula tentu sangat menyenangkan. Terbayang segala kebutuhan dan keinginan bisa segera diwujudkan.

Sayangnya, begitu pertengahan bulan, kondisi gaji mulai menipis. Ketika ada kebutuhan mendadak, jalan pintas yang sering ditempuh adalah berutang karena tabungan tidak mencukupi. Itu sebabnya, kemerdekaan finansial penting untuk diketahui dan dijalankan oleh para pekerja pemula.

Mewujudkan kemerdekaan finansial apakah bisa? Seringkali banyak pekerja pemula atau anak muda merasa skeptis dapat mewujudkannya. Bagaimana tidak, dengan gaji seadanya harus memenuhi kebutuhan membayar kost, transportasi kost ke kantor, makan, membeli baju kerja.

Belum termasuk ngopi, hangout setelah pulang kerja, atau gym bersama teman. Beda halnya dengan mereka yang bekerja di perusahaan besar atau memang berasal dari keluarga berada, banyak yang menilai mereka relatif mudah mewujudkan kemerdekaan finansial.

Baca Juga: Pengeluaran Boros? Simak 10 Tips Menabung Biar Gak Buntung!

Sebenarnya, mewujudkan kemerdekaan finansial bukan sesuatu yang tidak mungkin bagi yang gajinya pun belum mencapai belasan atau puluhan juta. Siapapun bisa mencapainya asalkan mau bekerja keras dan mengatur keuangan dengan disiplin.

Jika kita bijak menggunakan uang sejak menerima gaji pertama maka seiring waktu akan menjadi kebiasaan dan akan memengaruhi gaya hidup, akan terbiasa hidup sederhana dan tidak berfoya-foya.

Head of Sequis Digital Channel Antonius Tan, bermaksud berbagi pengalamannya bagaimana ia mengatur keuangan saat masih menjadi pekerja pemula hingga kini sukses pada usia muda sudah memiliki karir yang mapan dan membangun keluarga kecil yang bahagia.

Rutin menabung

Saat masih muda dan sudah berkarir yang memiliki prospek masa depan tentu menerima gaji pertama adalah kebanggaan. Antonius pun demikian, sebagaimana anak kuliah pada umumnya mendapatkan uang saku dari orang tua sehingga harus irit.

Halaman:

Editor: Muhammad Abdul Rosid


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x