Diadang Isu Resesi dan Ekonomi Tak Menentu, Cari Tahu E-Commerce Apa No.1 Pilihan Penjual

- 9 Februari 2023, 07:32 WIB
Ilustrasi belanja online
Ilustrasi belanja online /dok. Pixabay/Preis_King

INFOSEMARANGRAYA.COM- Pembicaraan mengenai isu resesi yang akan terjadi pada tahun 2023 semakin kerap terdengar. Masalah ekonomi ini melahirkan beragam tantangan di berbagai sektor industri, salah satunya e-commerce.

Demi menaklukkan tantangan global, para pemain utama e-commerce kini mengatur ulang strategi bisnis mereka.

Saat ini, e-commerce bukan hanya jadi tempat berbelanja secara online, tapi juga jadi wadah strategis untuk mendukung para penjual.

Lantas, di tengah situasi ekonomi yang tidak  menentu di tahun 2023 ini, siapa e-commerce no.1 yang paling unggul dan menjadi pilihan favorit penjual?

Selama 2 tahun terakhir, transformasi digital bergerak cepat. Ini ditandai dengan banyak masyarakat  yang beralih ke online, yang juga bersamaan dengan meningkatnya layanan digital yang terintegrasi.

Tidak  terkecuali pada ranah usaha, dimana semakin banyak penjual yang mengoptimalkan ranah digital seperti  platform e-commerce sebagai salah satu strategi utama dalam berjualan. Kemudahan dan keunggulan  yang ditawarkan platform e-commerce meliputi, fleksibilitas atau kemudahan untuk mengakses kapan saja  dan dimana saja, jangkauan yang luas dan berbagai aspek lainnya mulai dari hulu ke hilir. 

Menurut Riset Katadata Insights Center, sebanyak 77% pelaku usaha menyatakan marketplace membantu memasarkan produk sehingga mereka bisa bertahan dan berjualan di masa pandemi, 72% menyatakan terdapat banyak  program promo, 69% menilai marketplace aman untuk bertransaksi dan 66% mengaku mudah untuk  digunakan.

Riset Katadata bertajuk ‘MSME Study Report: Peran Marketplace bagi UMKM’ juga mengungkapkan sebanyak 82% pelaku usaha memilih Shopee sebagai marketplace untuk berjualan online, jauh melampaui pemain-pemain e-commerce lainnya, seperti Tokopedia (64%), Bukalapak (28%), Lazada (22%), Blibli (15%) dan lainnya (9%).

Keunggulan dan manfaat langsung yang dirasakan oleh penjual menjadi dasar untuk para e-commerce terus berinovasi dan menggali potensi terhadap aspek-aspek yang dapat mendukung penjual dalam  meningkatkan penjualan.

Halaman:

Editor: Alfiansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x