Pasca Brexit, Kemendag Usulkan Hal Ini Bagi Pasar Indonesia, Pelaku Usaha Harus Tahu!

- 18 Februari 2021, 20:06 WIB
Ilustrasi pelaku bisnis.
Ilustrasi pelaku bisnis. /canva.com

INFOSEMARANGRAYA.COM - Pasca peristiwa keluarnya Britania Raya atau dikenal Brexit, Kementrian Perdagangan Indonesia usulkan agar para pelaku usaha di tanah air memaksimalkan produk ekspornya.

Menurut Kasan, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) mengatakan bahwa Indonesia memiliki produk unggulan dalam hal perkebunan yaitu kopi, teh dan kakao.

“Kopi, teh, termasuk kakao, adalah hal-hal yang diinginkan oleh buyer, terutama di pasar Inggris," ujar Kasan dalam seminar web bertajuk ‘Strategi Peningkatan Perdagangan Produk Kopi, Teh, dan Kakao ke Pasar Inggris’, pada Kamis, 18 Februari 2021.

Baca Juga: Langka! Hari Ini Salju Turun di Arab Saudi, Tanda Apa Ini?

"Saya kira ini menjadi sebuah keharusan agar produk kita mendapatkan akses yang cukup baik sehingga penjualannya juga akan meningkat,” tambahnya.

Ia juga menyampaikan bahwa pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang telah diberlakukan Inggris menjadi peluang Indonesia dalam pemulihan ekonomi di Inggris.

“Dengan pelonggaran-pelonggaran PSBB yang terjadi dan pemulihan ekonomi, menjadi sebuah peluang bagi pelaku usaha untuk memaksimalkan pasar Inggris,” kata Kasan.

Baca Juga: Waduh, Hampir 3 Ribu Hektare Sawah di Kudus Terendam Banjir, Petani Gagal Panen!

Indonesia sendiri diketahui sebagai pemasok kopi terbesar ke-11 ke Inggris. Kegiatan ekspor itu sendiri pada tahun 2020 bernilai 25,86 juta dolar AS.

Halaman:

Editor: Alfiansyah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x